Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Handphone Yang Digunakan Para Profesi Penuh Risiko

Beberapa jenis hape jadul kelasik
Beberapa jenis hape jadul
Hape Jadul (Hape zaman dulu) masih sebuah pilihan dan tetap eksis di zaman sekarang bahkan digunakan oleh orang-orang dengan pekerjaan atau profesi yang berbelut dengan risiko dan bahaya besar seperti supir mobil dan surveyor, penjelajah alam.

Walau ada rencana 5-6 tahun kedepan layanan frekwensi untuk jaringan 2G akan dimatikan yang tentunya akan mematikan penggunaan hape jadul ini tidak serta merta membuat penggunanya segera berpindah ke smart phone.  Seperti diberitakan penggunaan hape jadul masih sangat besar dan rata-rata mereka adalah pelanggan setia provider GSM.

Mematikan frekwensi jaringan 2G tidaklah mudah, perlu sosialisai yang lama dan bahkan mungkin operator GSM harus menyediakan biaya besar untuk memberi potongan biaya pergantian hape pelanggan.

Masih soal eksistensi hape jadul, seperti yang sering saya temui adalah para supir. Dari supir pikap, Travel hingga Bus besar mereka juga menggunakan hape jadul. Terakhir para pekerja survey di hutan belantara pun masih mengandalkan hape ini.

Apa yang mereka katakan tentang hape jadul ini? Rata-rata jawaban mereka adalah hemat baterai dan sinyal lebih kencang.

Masuk akal dari jawaban mereka dan memang benar dimikian. Hape jadul menggunakan jaringan 2G yang tidak begitu menguras baterai dan tentunya jaringan 2G BTS-nya terdapat hampir di semua perdesaan dan sinyalnya pun lebih luas dari jaringan 3G.

Seorang supir masih memungkinkan dapat sinyal 3G namun itu hanya saat melewati perkotaan sedang di perdesaan rata2 hanya menggunakan jaringan 2G, tentunya komunikasi akan terputus jika hanya menggunakan jaringan 3G.

Lain lagi bagi penjelajah alam seperti petugas surveyor dan para pencari Gaharu Alam yang lebih banyak berada di pedalaman hutan, mereka harus bersusah payah menjangkau daerah perbukitan tertinggi untuk mendapatkan sinyal 2G. Bahkan mereka sempat menamai bukit-bukit tertentu dengan nama 'Bukit Sinyal' dimana di bukit itu memungkinkan sinyak GSM dapat terkoneksi.

Mengingat frekwensi tinggi dari sinyal GSM rambatannya tidak dapat menembus lebatnya daun pepohonan maka sinyal frekwensi GSM hanya dapat diakses jika berada di atas bukit yang tinggi agar tower BTS di suatu tempat yang searah dapat dengan mudah merambatkan sinyalnya ke hape.

Ada lagi kemudahan yang sama-sama diakui oleh para pengguna hape jadul yaitu keypadnya. Mereka bisa cepat menulis pesan SMS dengan keypad walau tanpa melihat ke layar  hape. Tentu saja kita pun saat masih menggunakan hape jadul bahkan sampai hapal posisi hurup pada keypad.

Hape jadul sebenarnya bukanlah segengsi namanya bahkan sekarang malah dicari-cari oleh para kolektor Hape Kelasik. Sebut saja hape merek Ericsson, Motorola, Nokia, dan Siemens empat merek ini yang paling dicari oleh kolektor yang walaupun tentunya seri tertentu lebih disukai. Terlepas dari seri tertentu, merek Ericsson (bukan Sony Ericsson ya) ternyata lebih diminati dalam seri apa pun juga.

Ketangguhannya pun luar biasa walau hanya sekadar feature phone , daya tahan mereka luar biasa terhadap alam hingga ada klasifikasi dengan istilah Hape Outdor. Dari suara yang jernih dan keras dalam kebisingan juga tahan benturan dan goncangan, tahan debu hingga tahan air. Bahkan ada celutukan kalau layar monitor tak perlu menggunakan anti gores atau screen guard. Keren!

Oh ya. Bagi kita pengguna hape smart phone yang dominan lebih sering berada di jaringan 3G atau pun 4G LTE jika sering bepergian pastikan mode pilihan jaringan berada di mode Otomatis atau jika tak ingin baterai terkuras saat hape otmatis mencari jaringan 3G atau 4G pindahkan saja ke 2G. Jangan takut kehilangan jaringan data. Hampir semua mode 2G masih menyediakan jaringan data dengan standar terrenda mode G yaitu GPRS dan E yaitu EDGE sehingga anda masih dapat tersambung dengan WA ataupun BBM. Saat browsing gunakanlah Opera Mini.

Dibawah ini ada beberapa hape jadul yang aku sukai. Siemen M35i adalah hape pertamaku ;)

Sebagian Hape Jadul itu:

  • Ericsson R190Hape ini sampai sekarang tidak hanya aku suka tapi, sangat aku perlukan mengingat pekerjaanku yang juga sering ke tempat-tempat terpencil hinga tidak ditemukan lagi sinyal GSM.
  • Ericsson R250s Pro
    Hape ini aku suka banget desain dan ketangguhannya, keren dan handal sebagai teman menjelajah alam dan bekerja berat.
  • Siemens M35i
    Walaupun gimana inilah hape jadul pertamaku saat zaman dulu.

OK walau sekadar tulisan, semoga tulisan ini bermanfaat.

2 komentar untuk "Ini Handphone Yang Digunakan Para Profesi Penuh Risiko"