Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudik Lebaran Selamat, Aman dan Nyaman

Lalu lintas yang padat cenderung menambah kelelahan dalam berkendara.
Lalu lintas yang padat cenderung menambah kelelahan dalam berkendara.

Lebaran sudah dekat banget dan ini saatnya k ita persiapkan untuk mudik lebaran. Sudah rindu berat dengan ayah, bunda juga adik-adik yang manis. THR pun sudah di tangan saatnya melakukan persiapan mudik. Oh ya. Ini saya sempatkan menulis tentang poin-poin penting agar perjalanan tanpa khawatir hingga mudik terasa aman dan nyaman.

Demi kenyaman dan keselamatan mudik gak apa-apa ya tulisannya  agak panjang nih. Oh ya poin nomer 6 dan 10 tolong diperhatian ya. Silakan simak saja.

1. Cek dan Pastikan tubuh dan kendaraan anda dalam kondisi baik.

Tubuh dan kendaraan adalah modal utama dalam berpergian pastikan dalam kondisi prima. Ketahanan tubuh dan kendaraan anda akan teruji saat kemacetan dan saat menemui kondisi jalan yang rusak. Kesehatan anda pun perlu dijaga mengingat daya tahan tubuh anda mungkin cenderung kurang fit karena masih dalam keadaan berpuasa. Jagan lupa lakukan servis kendaraan sehari sebelum mudik.

2. Cek kelengkapan Tool Box, peralatan dongkrak dan kompa angin portabel di mobil.

Tentu saja alat perbaikan ini wajib selalu ada di dalam bagasi mobil. Tak perduli Sepeda Motor pun harus membawa walaupun secukupnya. Anda akan merasakan berharganya alat ini saat ada gangguan pada kendaraan anda di perjalanan.

3. Ikuti aturan dan jalur/jalan yang disediakan pemerintah untuk mudik lebaran.

Dengan mengikuti peraturan dan jalan yang sudah disediakan pemerintah, anda tentunya tidak akan tersesat dan terjebak macet. Menggunakan GPSmap sebenarnya tidak terlalu mendukung karena jalan yang akan anda lalui kemungkinan telah diubah pemerintah setempat guna kelancaran arus mudik.

4. Pastikan membawa alat komunikasi.

Handphone atau radio handytalky merupakan alat yang praktis untuk mengetahui keadaan jalan dan untuk mendapatkan panduan jalan baik dari keluarga yang akan anda kunjungi ataupun petugas pengatur jalan arus mudik setempat. Anda juga dapat mengetahui koordinat GPS lokasi anda sebagai informasi kepada rekan atau keluarga anda.

5. Jangan paksakan melanjutkan perjalanan jika tubuh sudah terasa lelah.

Tubuh yang lelah akan cenderung mengantuk dan kadang disertai dengan pegal-pegal. Kondisi ini sangat berbahaya dalam berkendara. Kecelakaan yang banyak terjadi adalah disebabkan pengendara yang mengantuk. Gunakan tempat-tempat peristirahatan yang telah disediakan pemerintah setempat. Selain tempat yang aman tidak jarang tempat tersebut menyediakan layanan geratis seperti pijat dan air minum.

6. Waspada dan jangan Konsumsi makanan atau minuman dari orang baru kenal.

Berlakulah sopan namun tetap waspada terhadap orang lain. Tindak kejahatan yang terbanyak saat musim mudik adalah hipnotis dan pembiusan. Tindakan waspada akan mengurangi risiko terkena hipnotis karena otak dan pikiran kita terjaga (tidak dalam keadaan melamun).

Jangan konsumsi makanan atau minuman dari orang yang baru dikenal namun, untuk menghargainya terima dan langsung simpan ke dalan kresek atau tas anda kemudian buang segera ketika telah berjauhan. Katakan masih kenyang atau belum haus atau pun kita bisa katakan kalau ada alergi dengan makanan/minuman yang merek berikan.

Jika dikonsumsi pemberian mereka, takutnya anda telah termakan obat bius atau obat tidur sehingga anda tertidur lelap disitulah kesempatan mereka menggaruk semua harta benda anda.

7. Gunakan pakaian dan perhiasan secukupnya.

Untuk pakaian gunakanlah pakaian yang ringkas, tidak banyak aksesoris agar gerak anda tidak terganggu. Tidak berwarna mencolok atau belang-belang guna mengindari perhatian orang lain. Demikian juga perhiasan janganlah menggunakan berlebihan karena dapat mengundang tindak kejahatan dan bahaya bagi diri anda.

8. Bawalah uang seperlunya.

Jangan membawa uang berlebihan karena risiko tindak perampokan selalu mengintai saat diperjalanan. Cukup anda bawa ATM untuk keperluan berlebih.

9. Titipkan hewan peliharaan anda.

Hewan peliharaan memerlukan perhatian khusus jadi kita perlu menitipkannya kepada orang yang dipercaya untuk merawatnya. Langkah praktis adalah menitipkannya pada toko penjual hewan peliharaan walau pun tentunya ada harus mengeluarkan biaya.

10. Periksa kembali perabot dapur, ledeng dan peralatan elektronik.

Pastikan anda memeriksa  kembali sebelum berangkat perabot dapur,  ledeng dan peralatan elektronik untuk menghindari kerugian yang tak disengaja. Matikan aliran ledeng PDAM anda pada rekening air, Cabut semua perlatan elektronik dari stopkontak PLN. Pastikan juga kompor listrik dan Gas LPG benar-benar dalam keadaan mati. Keteledoran dan lengah terhadap poin ini dapat melenyapkan harta benda dengan terjadinya kebakaran.

11. Jangan biarkan penerangan rumah anda ditinggal dengan menyala.

Gunakan saklar timer untuk menyala dan matikan lampu penerangan di rumah anda. Toko-Toko elektronik biasanya ada menjual saklar pewaktu otomatis ini. Jangan biarkan penerangan rumah anda terus menerus menyala karen pencuri akan tahu bahwa rumah anda sedang kosong.

12. Pamit dengan tetangga dan titipkan nomer telepon.

Usahakan saat berangkat untuk pamit dengan tetangga dekat. Dengan pamit pada tetangga membuat orang disekitar anda merasa dihormati sehingga otomatis mereka akan peduli terhadap rumah yang tinggalkan. Jangan lupa juga menitipkan nomer telepon untuk dihubungi jika terjadi sesuatu di rumah kita.

13. Jangan tidur di dalam mobil dengan jendela tertutup rapat.

Jika berpergian menggunakan mobil, buka sedikit jendela di kiri dan kanan agar ada siklus udara yang masuk. Tanpa adanya siklus udara di dalam kabin mobil saat tidur akan meningkatkat risiko kematian disebabkan oleh keracunan gas karbon.

Demikian semoga bermanfaat 13 poin penting yang harus anda perhatikan sebelum mudik agar anda merasakan mudik yang aman dan nyaman.

Akhirnya saya ucapkan selamat mudik lebaran tahun ini, serta mohon maaf lahir dan bathin. Semoga amal ibadah kita diterima Allah Subhanahu wa ta'ala. Wassalam.

2 komentar untuk "Tips Mudik Lebaran Selamat, Aman dan Nyaman"

  1. Udah lama lebarannya. Gimana info Haul Guru Izai, Sekumpul kapan? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haul tahun ini awal bulan Maret. Cek lokasi, cepat booking penginapan.

      Hapus