Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Tubuh Manusia Membakar Diri Sendiri

Spontaneous Combustion material
[Stiker plakat Spontaneous Combustion]
Jalan-jalan pagi menjelang siang kali ini menemui stiker plakat peringatan yang baru kali ini melihatnya. Pada stiker plakat tertulis "Spontaneously Combustible" dengan bentuk persegi empat dimiringkan dengan warna dasar kuning dan juga yang sempat saya foto adalah berwarna dasar putih keduanya terdapat ilustrasi kobaran api disertai dengan angka nomer 4.2

Plakat stiker tersebut ditempel pada sebuah mobil truk angkutan tabung gas penuh muatan yang kebetulan sedang bongkar dan muat di sebuah dermaga umum dekat dengan rumah saya.

Penasaran membuat saya langsung buka mesin pencari untuk mengetahui definisi Spontaneously Combustible atau disingkat SC. Dari sekian hasil saya pun memahami kalau maksudnya adalah bahan yang dapat terbakar habis dengan tiba-tiba dan sering pula diikuti dengan gas yang beracun saat terbakar. Sedangkan angka 4.2 adalah kelas dari kerusakan yang dihasilkan tadi.

Bahan-bahan yang berstiker plakat Spontaneously Combustible diantanya:

  • Charcoal non Activated
  • Carbon Black
  • Alumunium Alkyls
  • Phosphorus

Yang membuat saya tercengang dari  penelusuran saya hari ini adalah SHC atau Spontaneously Human Combustible, ada kata Human disitu. iseng-iseng saya pun lanjut membuka tautannya hingga saya dapat penjelasa ini:

"Pembakaran tubuh manusia secara spontan (Spontaneous Human Combustion, disingkat SHC) merupakan peristiwa terbakarnya tubuh manusia secara spontan yang dihasilkan dari energi dalam diri manusia tersebut".

Semakin penasaran sayapun terus mengikuti tautan demi tautan hingga sampai ke situ yang mengulasnya. Blog itu menjelaskan tentang fenomena terbakarnya tubuh manusi secara spontan. Sejak terjadi kasus pertama ratusan tahun lalu hingga kini masih belum terkuak.

Berbagai teori yang dikemukakan selalu terbantahkan dengan bukti-bukti yang ada di lapangan. Saking anehnya fenomena ini sampai-sampai dituangkan dalam serial film misteri seperti The X-Files.

Setelah membaca tulisan tersebut saya jadi ingat dengan kasus yang terjadi beberapa tahun silam yang bahkan sempat viral di media sosial dengan pesan "Jangan gunakan headset handphone saat tidur." Jika tidak bunuhdiri atau over dosis dari kondisi tubuh yang separuh seperti gosong, mungkinkah ini termasuk dalam kasus SHC?

Pranala Luar:
Situs yang mengulas tentang Spontaneous Human Combustion
Berita tentang "Jangan gunakan headset handphone saat tidur"

4 komentar untuk "Fenomena Tubuh Manusia Membakar Diri Sendiri"

  1. Waduh bahaya juga ya pake headset pas tidur 😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah terbiasa pake saat tidur di mobil :)

      Hapus
  2. Serem juga ya mas klau smpai terjadi.


    Kunjung balik:
    https://mathcyber1997.com/pentingnya-kecepatan-website-bagi-para-pengunjung/

    BalasHapus